;

Pages

Senin, 07 Januari 2013

The GREATEST CALL


PANGGILAN TERBESAR
(Bram  Soei Ndoen)

Keputusan untuk  percaya dan menerima Yesus sebagai Juruselamat adalah kepusan terpenting dan terbijak  yang Anda lakukan dalam hidup Anda, namun itu bukanlah akhir.  Tuhan mau setiap kita
menemukan, mengikuti dan menyelesaikan Tujuan Tuhan dalam hidup kita. Paulus menyadari bahwa ada tujuan Tuhan melalui hidupnya dan dia bertekad untuk hidup sesuai tujuan Tuhan; yakni   memuliakan Tuhan dan memberi buah  dari seluruh aspek kehidupannya ( Filipi 1:20-22)

Kita diciptakan untuk memenuhi tujuan-tujuan kerajaan Allah. Untuk mencapai tujuan-tujuan itu maka ada tugas  atau misi yang harus kita kerjakan, ini yang saya sebut panggilan .

Ada dua macam panggilan bagi orang percaya, yaitu panggilan umum dan panggilan khusus. Panggilan umum adalah tugas  atau misi yang sama diberikan kepada semua orang percaya.  Misalnya melakukan pekerjaan baik( Efesus 2:10)Sedangkan panggilan khusus adalah panggilan yang secara spesifik diberikan kepada setiap orang percaya. Kita dapat jumpa satu contoh yang sangat jelas dalam Matius 20:28

Anak manusia datang untuk MELAYANI( Panggilan Umum) dan untuk MEMBERIKAN NYAWA ,menjadi tebusan bagi banyak orang( Panggilan khusus)

Contoh Tujuan-Panggilan khusus:
·         Yusup(Kejadian 45:7,8) Menjadi  penjamin kelanjutan keturunan Israel di bumi, menjadi bapa bagi Firaun, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat.
·         Esther(Esther 4:7-17)Menjadi penyelamat bangsa Yahudi dari rencana pemusnahan.
·         Paulus( Kisah Para Rasul, 9:15)Memberitakan nama Yesus kepada bangsa kafir, raja-raja dan orang Israel.( 2 Korintus 10:13,15).
·         Mother Theresa, Menjadi pelayan kasih Yesus bagi orang termiskin di Kalkuta-India.
·         Marthin luther King,Jr. Menjadi pembebas diskriminasi rasial bagi keturunan kulit hitam di USA.

Lalu apa yang dimaksudkan dengan panggilan terbesar?  Ada yangmenjawab menjadi serupa seperti Yesus, itu bukan panggilan tetapi tujuan. Panggilan berhubungan dengan tugas atau misi. Menjadi serupa seperti Yesus adalah visi  - tujuan puncak kita.

Yang saya maksud dengan terbesar adalah  bahwa di dalam dua panggilan kekristenan kita,  ada satu hal yang sama yang harus kita kerjakan, yaitu PEMURIDAN. Di dalam panggilan umum, ada pemuridan. Di dalam panggilan khusus ada pemuridan.   Yesus menyatakan pada Bapa_Nya, bahwa Dia telah mempermuliakan Bapa di bumi  dengan  jalan menyelesaikan pekerjaan yang Bapa berikan kepadaNya untuk dilakukan( Yohanes 17:4). Apa pekerjaan (baca: panggilan, tugas, misi) yang Yesus maksudkan? Saya percaya itu adalah  pemuridan ( Yohanes pasal 17 adalah doa Yesus untuk murid-muridNya) dan kedua Dia sedang bernubuat tentang kematianNya dikayu salib untuk menebus dosa manusia( Menjadi seorang yang membuat perbedaan)

Tuhan akan mengutus kita  masing –masing ke dalam salah satu dari  7 area pengaruh untuk apa?  Matius 28:19-20 menjelaskan kepada kita tentang panggilan terbesar kita!  Menjadi seorang yang membuat perbedaan dengan:

Pergilah jadikanlah semua bangsa murid-KU dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Bagian pertama berbicara tentang penginjilan. Memperkenalkan Yesus. Membuat Dia dikenal. Jiwa-jiwa menjadi percaya dan menerima Yesus.

Dan ajarlah mereka melakukan segal;a sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Bagian kedua adalah mem-follow up  murid Kristus  kepada sasaran pertumbuhan rohani.



Banyak  dari kita bertanya-tanya, apa  yang saya harus lakukan di domain saya. Apapun domain Anda, Tuhan menempatkan Anda di situ untuk mewujudkan matius 6:10. “ Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga.” Semua ini dapat terjadi melalui sebuah system kerajaan yang di sebut PEMURIDAN.

Pemuridan dimulai dari misi memperkenalkan Yesus melalui gaya hidup kerajaan Allah dan berita injil keselamatan, mereka yang percaya dan menerima injil keselamatan selanjutnya harus menerima injil kerajaan, yakni menerima Yesus sebagai  Raja dalam kehidupannya, hidup dalam pemerintahan Allah  dan menjalani gaya hidup kerajaan Allah yang superior.


Jadi ini yang saya maksudkan dengan panggilan terbesar ialah, apapun tugas khusus Anda , apakah di domain seni dan hiburan sebagai seorang artis, atau atlit, pengusaha maupun politikus. Misi Anda  adalah pemuridan.

Tiga Alasan MENGAPA PEMURIDAN adalah Panggilan Terbesar?

PERTAMA ,  Karena Pemuridan adalah AMANAT AGUNG Kristus, yaitu menjadikan semua bangsa muridNya( Matius 28:19-20)

Yesus adalah teladan pemuridan kita.  Pemuridan bagi Yesus bukan hanya sekedar sebuah
 program, tapi sebuh komunitas organic yang hidup. Komunitas Rumah Allah. Inilah pelayanan dan pekerjaan  Yesus selama tiga tahun setengah,  yaitu pemuridan ( Yohanes 17:4). Sebagai murid Kristus, kita diwajibkan untuk melakukan seperti yang Dia lakukan. Dia  mewajibkan kita untuk memuridkan segala bangsa; jadi kita tidak punya dalih bahwa itu adalah tugas dan pelayanan mereka yang punya panggilan khusus atau pengurapan khusus pemuridan. Ini adalah tugas dan tanggung jawab setiap murid  Kristus.

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Yohanes 15:16

Apa buahmu itu? Adalah jiwa-jiwa. Tuhan mau kita memproduksi diri kita; atau orang-orang
yang seperti kita, sebagai murid Kristus. Bagaimana caranya? Yaitu melalui pemuridan. Itulah sebabnya Tuhan memberikan mandat kepada kita untuk pergi, menjadikan semua bangsa murid Kristus( Matius 28:19-20)

Jadi Komunitas Pemuridan Kerajaan  adalah cara efektif  MENJANGKAU DUNIA  (7  domain  ) dengan injil keselamatan dan injil kerajaan Allah.

KEDUA,  Karena pemuridan adalah cara praktis untuk mempraktekan  GAYA HIDUP RUMAH ALLAH  ( memenuhi   maksud Abadi Allah )dan kebutuhan pengembalaan praktis ( Ibrani 10: 24-25,Keluaran 18:13-26)

Setelah jiwa itu menjadi pemercaya Kristus, ia harus di bawah masuk kepada proses pemuridan  sebagai pembelajar Kristus supaya bertumbuh  dan menjadi maksimal.Murid  tertanam dalam sebuah komunitas orang percaya untuk melakukan gaya hidup rumah Allah.  Gaya hidup rumah Allah adalah maksud abadi Allah dari kekal hingga kekal.  Allah kita adalah sebuah komunitas yang terdiri atas tiga pribadi; Bapa, Anak dan Roh Kudus. Dan Ketiga pribadi yang Esa ini, berkomunitas dengan saling mengasihi dan menghormati ( Yohanes 17:24) sebelum dunia diajdikan dab bahkan sampai selamnya.
Apa yang kita lakukan dalam pemuridan adalah gaya hidup rumah Allah; atau gaya hidup
komunitas Allah. HUBUNGAN yang SALING MENGASIHI dan MENGHORMATI.

Praktek  salingebagai gaya hidup rumah Allah akan dapat dipraktekan secara efektif dalam komunitas kecil. Dalam komunitas pemuridan kerajaan , praktek pengembalaan yang peduli lebih dapat dilakukan. Yaitu saling memperhatikan, saling mendorong dalam kasih  dan pekerjaan baik, saling menasehati-membangun( Ibrani 10:24-25). Proses saling ini  menjadi SUPPORT SYSTEM untuk MENGHASILKAN BUAH yang BANYAK( Yohanes 15:8) , sama seperti  buah dihasilkan melalui keterhubungan  ranting  dengan    cabang dengan  pokok dengan akarnya.  Pokoknya adalah Yesus, dan saya percaya cabang dan ranting adalah sesama orang percaya yang saling terhubung.  Hubungan  akan menghasilkan buah, sebab itu pembentukan karakter  dapat terjadi dalam komunitas pemuridan. 

KETIGA,  Karena komunitas PEMURIDAN adalah pusat PELATIHAN DASAR dan PELENGKAPAN kepada PERTUMBUHAN; dari POTENSI kepada KOMPETENSI ( Efesus 4:11-16)
Allah menjadikan kita serupa dengan gambarNya( Kejadian 1:26) dengan tiga potensi
karakter :
Kemerdekaan, Kemampuan Ilahi yang diberikan kepada kita untuk mengenal kebenaran 
dan tidak hidup dibawah perbudakan.
Kreatifitas, Kemampuan Ilahi yang diberikan kepada kita untuk berdaya cipta.
Kepemimpinan, Kemampuan yang Allah berikan kepada kita untuk berkuasa.

Tuhan sudah memberikan kepada kita POTENSI dan Potensi karakter  itu sudah diaktifasi
kembali oleh Yesus. Tapi Potensi , hanyalah berupa kekuatan  yang Tuhan tanamkan. Potensi itu seperti benih, harus di tanam dan melalui proses pertumbuhan dan produksi. Jika Benih
itu tidak ditanam dan dirawat  supaya mengalami pertumbuhan dan berproduksi, maka
benih itu tidak ada gunanya.
POTENSI KARAKTER ( Kemerdekaan, Kreatifitas, Kepemimpinan) harus berPROSES menjadi KOMPETENSI . PEMURIDAN  adalah strategi untuk membawa  Potensi murid  menuju
Kompetensi (sasaran pertumbuhan; ia menjadi mampu menampilkan  gaya hidup  Kristus  dalam kemerdekaan sejati . Mampu memunculkan kreatifitas dan Menjadi  pemimpin yang efektif).

Ini saatnya untuk kita bangkit memenuhi panggilan terbesar kita(gereja) di akhir zaman.” Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa , sesudah itu barulah tiba kesudahannya.” Matius 24:14


( disadur dari buku Kingdom Discipleship Commission)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

 

KINGDOM DISCIPLESHIP COMMISSION. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com | Distributed by Blogger Templates Blog